Pages

Jumat, 16 Desember 2011

STARS IN THE SEA


Walaupun nggak bersinar, bintang laut ternyata sama menariknya dengan bintang yang ada di langit, lho. Nggak Cuma bentuk dan warna yang menggemaskan, ada banyak hal seru soal bintang laut yang bisa bikin kita jatuh cinta sama hewan ini.

Bukan Ikan

Meskipun dalam bahasa inggris hewan ini disebut star fish, bintang laut sebenarnya bukan jenis ikan. Soalnya binatang ini nggak punya sirip , sisik dan nggak bergerak seperti ikan. Bersaudara dengan bulu babi dan tripang, bintang laut termasuk kedalam kelompok hewan  echinodermata yang memiliki lima atau lebih tangan yang tersusun di seputar piringan sentral. Karena nggak bergerak dan berenang seperti ikan, bintang laut berjalan dengan ratusan kaki kecilnya yang berbentuk seperti tabung. Kaki-kaki ini nggak cuma dipakai buat berjalan, tapi juga buat membantu memegang makanannya.

Tangan Ajaib

Lima cabang tubuhnya yang bintang adalah sebenarnya tangan si bintang laut. Sebagian besar bintang laut yang kita kenal dan sering terlihat adalah yang mempunyai lima tangan. Tapi sebenarnya ada juga bintang laut yang mempunyai 10-20 bahkan 40 tangan seperti misalnya sun star.
Kerennya lagi, ketika dalam keadaan terdesak musuh, bintang laut bisa melepaskan salah satu tangannya dan kabur. Bahkan seekor bintang laut bisa bertumbuh lagi jadi bintang laut yang utuh, meskipun yang tersisa  hanya tinggal satu tangan dan sedikit piringan sentral aja. Namun, butuh waktu setidaknya satu tahun untuk menumbuhkan satu tangan.

Perlindungan Kuat

Dengan penampakan yang imut, bintang laut butuh perlindungan seperti juga hewan laut yang lainnya. Salah satu perlindungan hewan ini adalah lapisan luar yang keras dan berduri. Dibagian atasnya, bintang laut memiliki lapisan keras yang terbuat dari kalsium karbonat denga duri-duri kecil di permukaannya. Duri inilah yang digunakan untuk pelindung dari predator seperti burung , ikan dan berang-berang.

Pemakan Besar

Kalau melihat bintang laut, kita pasti berpikir makanannya adalah hewan-hewan kecil karena ukurannya yang nggak terlalu besar. Padahal, sebenarnya makanan bintang laut adalah hewan laut yang cukup besar dan keras seperti kerang, remis, siput dan ikan-ikan kecil. Cara makan bintang laut juga cukup aneh dan biasa. Mulut bintang laut terletak di sisi yang nggak terlihat di atas. Untuk makan, hwean ini mendorong perutnya kedalam sampai cangkak kerang atau remis. Setelah itu bintang laut mencerna makanannya dan mengembalikan perut ke badannya.

Bagian Dari Ekosistem

Kita mungkin menganggap bintang laut ini lucu sebagai hiasan dirumah, sehinga pengin menangkapnya dan membawa pulang. Padahal, sebenarnya bintang laut punya peran penting , lho buat ekosistem bawah laut. Soalnya, kalau sampai populasi bintang laut menurun atau punah, maka rantai makanan akan kacau. Populasi kerang dan remis yang menjadi makanan bintang laut akan meledak. Sebaliknya populasi burung dan berang-berang yang memangsa bintang laut akan menurun. Makanya, nggak dibenarkan untuk mengambil bintang laut dari habitatnya untuk dijadikan dekorasi.
 
SUMBER :
MAJALAH GADIS EDISI 31 , 22 NOVEMBER-1 DESEMBER 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar