Pages

Jumat, 30 November 2012

YOGHURT... Bahasa Indonesia 1


Yoghurt atau dalam bahasa Turki disebut jogurt atau yogurut, yang berarti susu asam. penegrtian Yoghurt adalah susu pasteurisasi yang difermentasikan dengan bakteri tertentu (bakteri probiotik streptococcus dan bakteri probiotik lactobaccillus) sehingga menghasilkan rasa asam dan aroma yang khas. Seiring dengan banyaknya penelitian tentang manfaat  yoghurt bagi kesehatan, maka berkembanglah resep-resep pembuatan yoghurt dan aplikasikannya dalam makanan atau pun miniman. Bagi sebagian orang yang menyukai rasa asam, yoghurt dapat diminum langsung tanpa ditambah apa pun sudah terasa lezat. Namun, bagi orang yang tidak menyukai rasa asam, yoghurt dapat dibuat variasinya sehingga tarasa lebih nikmat.

Cara membuat yoghurt :

  1. Siapkan susu segar beku, yang sesuai standart.
  2. Perendaman susu atau Towhing : untuk perendaman maka susu beku direndam dalam wadah dengan air mengalir sampai cair selama 1,5-2jam sampai cair, perendaman tidak boleh lebih dari 3jam karena akan mengakibatkan susu rusak.
  3. Pembukaan kemasan susu : a. pastikan kondisi susu tidak menggumpal. b. bersihkan dahulu kemasan sampai bersih dan kering. c. sebelum dipanaskan tes dahulu susu tersebut dengan alkohol dengan perbandingan 1:1 cc. d. saring susu dengan saringan teh yang bersih.
  4. Pasteurisasi atau pemanasan susu : dengan memanaskannya sama dengan diatas, setelah mencapai 80 derajat dinginkan sampai susu turun menjadi 40 derajat.
  5. Pencampuran bakteri dengan susu : siapkan susu dalam panci, siapkan bakteri dan tuangkan dengan perbandingan 3 liter susu dengan 1 sendok makan masing-masing bakteri (bakteri probiotik streptococcus dan bakteri probiotik lactobaccillus). Selama proses pembuatan yoghurt atau pencampuran harus ada api (lilin/lampu spirtus) didekat antara bakteri dan susu. Ini fungsinya untuk membunuh dan menjauhkan bakteri perusak.
  6. Inkubasi : setelah pencampuran susu dimasukkan kedalam wadah inkubator dengan lampu listrik 25 watt selama 4 jam. Inkubator bisa dibuat sendiri dari kardus atau streoformbox.
  7. Simpanlah yoghurt kedalam pendingin sampai membeku.
  8. Selesailah cara membuat yoghurt dan siap disajikan. Yoghurt lebih enak jika dimakan dengan buah manis.

Yoghurt memang memiliki manfaat bagi tubuh namun berlebihan memakan yoghurt juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Sudah menjadi hal umum bahwa sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menjadi tidak sehat.

Demikian pula dengan yoghurt. Kita sebut saja bahwa konsumsi yoghurt berlebihan itu adalah jika melebihi 1,5 liter per hari.

Walaupun kasus  gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi yoghurt berlebihan sangat jarang terjadi, namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa beberapa efek repon tubuh terhadap konsumsi youghurt berlebihan.

Beberapa efek bagi tubuh jika mengkonsumsi yoghurt lebih dari 1,5 liter per hari :
  • Perut mulas dan buang air besar hingga lebih dari 2 kali sehari.
  • Badan agak lemas dan mengantuk.
  • Badan terasa berat.
  • Sendawa berlebihan.
  • Tenggorokan kering.
  • Berat badan turun tidak normal.
Selain itu, mengkonsumsi yoghurt yang asam secara berlebihan diduga oleh para ahli dapat meningkatkan keasaman darah (menurunkan pH darah). Makin turun pH darah, makin asam darah, yang nantinya akan memicu pengambilan kalsium dari tulang kita untuk menormalkn pH darah. Pengambilan kalsium dari tulang akan memicu osteoporosis.

Jadi, kalau ingin sehat, konsumsi yoghurt dalam asupan yang normal, sekirat 200-500 ml per hari dan disempurnakan dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.

1 komentar:

  1. hei kawan .. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus