Pages

Sabtu, 27 Oktober 2012

PROGRAM OPENGL GARIS HORIZONTAL, VERTIKAL DAN DIAGONAL

Untuk menggunakan software Dev C++, sebelumnya kita harus sudah install paket untuk OpenGL. Setelah OpenGlnya terinstal maka kita membuat projectnya sebagai berikut :
  • Kita klik File > new > project
  • Selanjutnya Klik multimedia > pilih OpenGL > piilih C++ project dan beri nama project

  •   Setelah itu muncul coding default, gambar di bawah adalah dimana nanti kita akan memasukkan coding garis, tepatnya dibawah tulisan /* OpenGL animation code goes here */

Sekarang kita akan membuat coding garis vertical dan codingannya sebgai berikut :

            glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glPushMatrix ();             
            glClearColor(1,1,1,0);     
            glColor3f(1,1,1); //         
            glBegin(GL_LINES);                
            glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  
            glVertex3f(0,0,0.0);                 
            glEnd ();             
            glPopMatrix (); 
            SwapBuffers (hDC);
            Sleep (1);

        }
    }

Setelah kita running maka codingan tersebut akan menghasilkan output sebagai berikut:
Kemudian kita akan membuat garis horizontal dengan coding sebagai berikut :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
          glPushMatrix();  
          glClearColor(1,1,1,0);  
          glColor3f(1,1,1);
          glBegin(GL_LINES); 
          glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
          glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   
          glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        
          glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     
          glEnd(); 
          glPopMatrix(); 
          SwapBuffers (hDC);
          Sleep (1);
           }
          }

Dan kita meRUNing codingnya dan akan menghasilkan output sebagai berikut :
Yang terakhir kita akan membut garis diagonal dengan codingan sebagai berikut :

         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
         glPushMatrix ();           
         glClearColor(1,1,1,0); 
         glColor3f(1,1,1); 
         glBegin(GL_LINES);
         glVertex3f(0,0,-0.8);        
         glVertex3f(9.9,8.9,0.1);  
         glEnd ();              
         glPopMatrix ();
         SwapBuffers (hDC);
         Sleep (1);
        }
    }

Lalu kita lakukan RUNing codingan tersebut dan akan menghasilkan output seperti di bawah ini:

NAMA            : MENTARI INDAH PERMATA SARI
NPM               : 14110357
KELAS          : 3KA25
MATKUL      :  GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
DOSEN         : LILY WULANDARI









1 komentar:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai OpenGL, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3308/1/Teknik%20Cube%20Mapping%20.pdf
    Semoga bermanfaat!

    BalasHapus