Pages

Jumat, 26 Oktober 2012

Kepemimpinan


Pemimpin adalah seorang yang menempati peranan sentral atau posisi dominant dan memiliki pengaruh dalam kelompok.

Setiap pemimpin selalu memiliki gaya kepemimpinan dalam menjalankan peranannya, berikut ini adalah macam-macam gaya kepemimpinan:
  1.   kepemimpinan secara otoriter: bisasanya pemimpin seperti ini memegang kendali penuh dalam memimpin kelompok/organisasinya.
  2.  kepemimpinan secara demokratis : selalu mengikut sertakan anak buahnya atau bawahannya dalam merumuskan masalah.
  3.  kepemimpinan secara bebas : sang pemimpin biasanya membebaskan bawahannya bekerja secara aktif menentukan tujuan dan menyelesaikan masalah yang ada.
Selain itu ada pula 4 gaya kepemimpinan berdasarkan Keperibadian sang pemimpin, yaitu :
  1.  Kharismatik : Seorang pemimpin yang memiliki jiwa kharismatik biasanya mampu menarik orang dengan mudah dengan cara bicara mereka yang memang unggul namun hal negative sang pemimpin dengan keperibadian ini biasanya di cap “ tonk kosong nyaring bunyinya”.Diplomatis : kesabaran dan ketelitian dalam menghadapi masalah adalah yang membedakan pemimpin yang memiliki kepribadian diplomatis, biasanya karena kesabaran yang begitu besar dan kepasifan dalam memimpin merupakan hal yang sangat tidak disukai para pengikutnya.
  2.  Otoriter : Pemimpin yang berjiwa otoriter adalah pemimpin yang hanya memikirkan hasil akhir walaupun dengan proses seperti apa dan dengan berbagai cara agar bisa mencapai tujuannya, Pemimpin berjiwa otoriter biasanya bersifat keras/kejam dan dingin.
  3. Moralis : keunggulan dari pemimpin berjiwa moralis adalah sopan, memiliki empati yang tinggi, sabar dan murah hati, sedangkan yang menjadi kekurangannya adalah emosi yang tidak setabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar