Pages

Kamis, 22 Desember 2011

MURAH + MERIAH

Itu Serunya Permainan Tradisional !!!!

s

emasa kecil, sih nggak ada hari tanpa ngumpul bareng anak-anka tetangga. Petak umpet, gerobak sodor atau bentengan pasti dimainkan secara bergantian. Buat kita para cewek nih, ada tiga permainan tradisional favorit, yaitu bekel, congklak dan engklek. Mesti ketiganya bukan permainan asli Indonesia tetap aja ngangenin…


ENGKLEK

Konon permainan keseimbangan badan ini berasal dari Hindustan. Berhubung tersebar hamper di seluruh Indonesia, uncul istilah berbeda-beda untuk menyebutnya. Seperti pacih di Aceh, cak ingkik gerpak di Sumatera Selatan, siki doka di NTT dan masih banyak lagi.
Kata engklek berasal dari bahasa Jawa. Permainan ini dilakukan dengan cara melompati gambar kotak-kotak di atas tanah menggunakan satu kaki. Sebelumnya kita harus melempar batu pipih atau kereweng (pecahan genting) ke dalam kotak, tapi kotak yang berisi batu ini nggak boleh sampai terinjak.
Kalau di Inggris, engklek disebut hopscotch (main jingkat). Sementara orang India menyebutnya stapu atau kith-kith, di Spanyol dinamai rayuela ,Belanda punya hinkelen,dan Meksiko mengenalnya sebagai avioncito yang artinya pewawat kecil, mungkin karena disesuaikan dengan tata bentuk kotak yang menyerupai pesawat.

BEKEL

Nama bekel diambil dari permainan bikkelen (Belanda) yang juga menggunakan logam yang disebut bikkels. Sekilas terlihat mudah dimainkan, padahal permainan ini butuh konsentrasi tingkat tinggi. Sambil melempar bola karet dengan satu tangan, kita kudu terampil menyebar dan mengambil enam biji bekel yang terbuat dari kuningan atau kerang.
Permainan ini sangat tua. Bekel menyerupai knuckle-bones disebut juga astragaloi, hucklebones, dibs, jackstones,chuckstones, atau five-stones yaitu permainan kuno yang dimainkan menggunakan lima benda-benda kecil dan dipercaya sebagai peninggalan Romawi Kuno, Yunani dan Mesir.

CONGKLAK

Sebutan lain untuk congklak adalah congak atau dakon. Katanya sih, permainan yang menggunakan papan berlubang (2 besar, 14 kecil) dan biji-bijian berjumlah 98 (tiap lubang kecil diisi 7 biji) ini berasal dari Afrika, namun ada juga yang bilang berasal dari Arab. Berawal di Timur Tengah, permainan ini lalu tersebar ke Afrika dan sampai ke Asia berkat pedagang-pedagang Arab. Congklak hanya dimainkan oleh dua orang. Katanya nih, kalau seorang cewek jago main congklak artinya dia akan mahir mengelola keuangan atau menguasai manajemen. Soalnya dengan stategi yang tepat, ‘lubang’ kita bakal terus dipenuhi biji congklak, deh.

SUMBER :
“MAJALAH CINTA CINTA NO. 20/XII , 5 – 19 OKTOBER 2011 ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar