Pages

Senin, 07 November 2011

8 MUST HAVE GREEN ITEMS !

Tak perlu langkah bombastis untuk bisa memulihkan kesehatan bumi. Cukup dengan langkah kecil namun rutin, seperti memiliki delapan hal berikut ini. Kalau kita menanfaatkan delapan hal ini sehari-hari, bumi pasti akan berangsur sehat.
  1. PEMBALUT ORGANIK : Hampir semua pembalut biasa, mengandung dua zat yaitu , dioxin dan asbestos. Dua zat ini, bukan hanya bisa mencemarkan lingkungan, tapi juga menyebabkan kanker jika berada di tubuh kita dalam waktu lama. Sedangkan pembalut organik, lebih mudah diurai dan ramah lingkungan. Hargany pun nggak mahal kok. Meski sekarang penjualannya masih terbatas.
  2. E-MAIL DAN INTERNET : Gunakan untu mengirim tugas kelompok , leaflet untuk promosi acara sekolah, atau belanja online. Yang terakhir, harus dengan pembelian dalam jumlah besar, yaaa. Makanya sebelum belanja, kumpulkan produk pesanan orang rumah atau sobat. Cara ini bukan cuma bisa menghemat kertas yang terbuat dari serat kayu. Kita juga menghemat air, karena untuk membuat kertas pertahun, membutuhkan 28 miliyar galon air !
  3. KOTAK MAKAN DAN BOTOL MINUM : Sediakan selalu dua benda ini di tas kita. Ukuran yang kecil saja. Berguna banget ketika kita harus membungkus makanan atau minuman. Dengan cara ini, kita berarti turut mengurangi penggunaan plastik. Karena sekitar 3% plastik didunia , berakhir mengapung dipeairan. Selain bikin air tercemar, juga bahay buat hewan yang hidup di air.
  4. KANTONG PLASTIK BEKAS : Jika di rumah ada sisa plastik, ambil saja dan simpan dalam tas. Sewaktu-waktu kita punya sampah dan nggak menemukan tempat sampahnya, kita bisa meletakkannya sementara di situ. Membuang sampah sembarangan sama dengan menebar gas-gas yang ,enyebabkan efek rumah kaca seperti karbondioksida (CO2) dan metan (CH4).
  5. TAMAMAN KECIL : Berilah satu pot tanaman untuk kita rawat setiap hari. Menambah pohon di bumi bisa membersihkan udara dan menampung air hujan. Kita juga bisa memberikan satu pot kecil tanaman buat ultah pacar atau sobat.
  6. TAS KAIN SERBAGUNA : Fungsinya sama dengan poin nomor tiga. Yaitu, untuk mengurangi penggunaan plastik. Tapi ini berguna ketika kita belanja. Teruska juga cara ini ke orang tua, supaya menghemat plastik saat belanja bulanan.
  7. CUKA : Lupakan deterjen yang bisa mengotori bumi. Beralihlah ke cuka, cairan pembersih canggih dan ramah lingkungan. Kita bisa menggunakannya untuk menbersihkan baju , kotak makanan atau kotak makanan. Bagi informasi ini ke orang tua atau pembantu, kalau urusan bersih-bersih bukan tanggung jawab kita.
  8. DAFTAR LABEL HIJAU : Penting nih , buat panduan kita kalau berbelanja. Perhatikan label reusable atau eco-friendly di setiap produk yang hendak kita beli. Untuk kosmetik, pilih yang no animal testing, atau yang terbuat dari bahan alami.
SUMBER :
" MAJALAH GADIS NO . 18 XXXVII 2-12 JULI 2010 "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar